Apakah kamu pernah mendengar nama Abraham Lincoln? Yeah, dia adalah presiden Amerika Serikat ke 16. He is my favorite person and my inspiration…

Apakah anda tahu, kalau Abraham Lincoln adalah orang yang terkenal juga karena kegagalannya? Beliau sering gagal, bisa dibilang apa yg dilakukannya selalu gagal. Mari kita ikuti perjalanan hidup Abraham Lincoln…

Abraham Lincoln lahir di Hardin County, Kentucky pada tanggal 12 Februari 1809 dari pasangan Thomas Lincoln dan Nancy Hanks, keluarga petani miskin dan tidak berpendidikan. Kakeknya memiliki nama yang sama dengannya. Namun tentang kakeknya, ia pernah berkata:

“Aku tidak tahu siapa kakekku; aku lebih ingin tahu akan menjadi seperti apakah cucunya.”

Ketika masih muda, Beliau pernah bekerja sebagai pembelah kayu pagar, menjadi tentara, menjadi kelasi di kapal-kapal sungai, juru tulis, mengurus kedai, kepala kantor pos, dan akhirnya menjadi pengacara.  Ia gagal dalam bidang bisnis ditambah lagi, ibunya meninggal karena milk sickness. Hal itu tidak membuatnya putus asa, ia bertekad dan berkata:

“Some day I shall be President. “
(Suatu hari saya akan menjadi presiden)

Langkah pertamanya memasuki lapangan politik terjadi pada 1832 pada saat ia berusia 23 tahun. Ketika itu ia berusaha untuk dipilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah negara bagian Illinois, di bagian barat-tengah Amerika. Namun ia kalah pada saat pemilihan.

Setelah kalah, ia kembali ke bidang bisnis, tapi ia gagal lagi yang membuatnya harus membanting tulang selama 17 tahun untuk bisa melunasi hutang-hutang kepada sahabatnya yang digunakan sebagai modal.

Akhirnya pada tahun 1834 ia mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan di negara bagiannya, kali ini Ia menang. Akan tetapi kesenangan itu hanya berlangsung setahun, karena tahun 1835 tunangannya, Ann Rutledge meninggal dunia akibat tifus😦 . Hal ini membuatnya depresi berat terkena serangan penyakit saraf total hingga harus terbaring selama 6 bulan di tempat tidur dan hampir masuk rumah sakit jiwa.

Setelah sembuh, Ia kembali ke dunia politik lagi akan tetapi kalah sebagai calon juru bicara Dewan Perwakilan negara bagian dan kalah sebagai calon Anggota Badan Pemilihan Umum dan anggota kongres. Saking frustasinya ia sampai berbicara:

“Aku sekarang adalah orang yang paling malang yang pernah hidup. Seandainya yang kurasakan dibagikan secara merata kepada seluruh keluarga umat manusia, tidak ada wajah yang penuh keceriaan di muka bumi. Entahkah aku akan menjadi lebih baik, aku tidak dapat memberitahukannya; aku mempunyai firasat bahwa aku tidak akan menjadi lebih baik. Untuk tetap menjadi diriku apa adanya seperti sekarang ini adalah hal yang mustahil.”

Dan pada tahun 1850, putra keduanya, Edward Baker Lincoln meninggal akibat TBC. Menurutnya inilah cobaan yang terberat baginya.

“Ketika meninggalkan Springfield, aku memohon supaya mereka mendoakanku; aku bukanlah orang Kristen. Ketika aku memakamkan anak lelakiku adalah cobaan yang berat dalam hidupku, aku  bukanlah orang Kristen. Namun ketika aku pergi ke Gettysburg, dan melihat makam ribuan tentara, lalu disanalah, Aku mengabdikan diriku kepada Kristus.”
Akhirnya tahun 1860 Abraham terpilih sebagai Presiden AS ke-16 mewakili partai Whig Republic, dan sebulan kemudian, perang saudara Amerika antara negara bagian di Utara dan Selatan pecah. Pada pertengahan perang saudara, Presiden Abraham Lincoln mengeluarkan Proklamasi Pembebasan yang mengubah hidup orang banyak di Amerika. Proklamasi itu menyatakan bahwa semua budak belian di negara-negara bagian yang melawan Amerika Serikat akan bebas. Proklamasi itu mencetuskan semangat semua orang yang memperjuangkan kebebasan, dan menjadi pendorong ke arah penghapusan perbudakan di seluruh Amerika Serikat.

Presiden Abraham Lincoln dipilih kembali pada 1864, ditengah-tengah kemenangan militer Amerika Serikat yang menuju berakhirnya Perang Saudara. Ia mengajak orang selatan yang memberontak supaya meletakkan senjata dan kembali ke pangkuan Amerika Serikat. Ajakan itu kini terukir di dinding tugu peringatan Lincoln di Washington DC yang berbunyi;

“Dengan keteguhan hati dan kebenaran yang sesuai dengan titah Tuhan, marilah kita berusaha untuk menyelesaikan tugas kita sekarang, yaitu menyembuhkan luka-luka bangsa.”

Pada tanggal 15 April 1865, Ia meninggal dunia dalam usia 56 tahun akibat penembakan sehari sebelumnya di teater Ford, Washington D.C. oleh John Wilkes Booth, seorang pemain sandiwara pendukung Konfederasi yang memiliki gangguan jiwa.

Presiden Lincoln dimakamkan di Springfield, AS dan dikenang oleh Amerika dan dunia sebagai pejuang demokrasi karena jasa-jasanya serta termasuk orang terkuat dalam sejarah… Luar biasa😀

berikut beberapa quote dari beliau

“Tak pernah sekali pun saya berusaha untuk dikenang dunia, hidupku ini kubaktikan pada peristiwa-peristiwa di sekitar, bagi generasi dan jamanku, semata-mata agar diriku terjalin dengan sesuatu yang penting bagi sesamaku”.

“Keyakinan kita untuk meraih sukses adalah jauh lebih penting dari apapun juga. Sukses berarti kegagalan berulang-ulang tanpa kehilangan antusiasme.”

“Jalan itu licin dan menggelincirkan, satu kakiku terpeleset di atasnya, menendang kaki lainnya keluar dari jalur, namun aku kembali tegak dan berkata-kata kepada diriku sendiri ‘Itu cuma terpeleset dan aku tidak jatuh.”

“Keyakinan kita untuk meraih sukses adalah jauh lebih penting dari apapun juga. Sukses berarti kegagalan berulang-ulang tanpa kehilangan antusiasme.”
“I remember my mother’s prayers and they have always followed me. They have clung to me all my life.”“I am not bound to win, but I am bound to be true. I am not bound to succeed, but I am bound to live by the light that I have. I must stand with anybody that stands right, and stand with him while he is right, and part with him when he goes wrong.”“I walk slowly, but I never walk backward.”

“My great concern is not whether you have failed, but whether you are content with your failure.”

“The best way to destroy an enemy is to make him a friend.”
“Whatever You are, be a Good One