Papua Barat dikenal sebagai tempat wisata paling perawan di dunia. Papua terbukti sangat menakjubkan, terutama surga bawah lautnya yang sangat mempesona.


1. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan pecahan Kabupaten Sorong dan memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni). Untuk mencapai Raja Ampat, Anda harus terbang ke Sorong kemudian menyusuri lautan sejauh 71 km.

Kawasan yang begitu terkenal di kancah internasional ini menyimpan sejuta keindahan bawah lautnya. Terumbu karang di perairan Raja Ampat dinilai terlengkap di dunia. Dari 537 jenis karang di dunia, 75% ada di perairan ini. Tak heran jika wisata bahari Raja Ampat dikenal sebagai salah satu 10 wisata menyelam terbaik di dunia.

 

2. Teluk Triton

Terletak di Kabupaten Kaimana, papua Barat. kawasan ini terkenal dengan keindahan bawah airnya yang terkenal sebagai surga laut dan warisan budaya. Perjalanan di Teluk Triton diawali dengan pemandangan situs lukisan kuno sepanjang 1 Kilometer (wow!), yang terbentang di sepanjang daerah Maimai. Kita bisa menyaksikan berbagai lukisan etnik berupa telapak tangan, tengkorak, dan binatang, yang membawa kita seolah ke jaman purbakala.

lukisan tebing

Bagi penggemar diving dan snorkeling, Teluk ini menjadi kawasan favorit. Karang karang di sini terkenal dengan soft coral atau karang lunak. Di sini kita juga bisa melihat keindahan senja Kaimana yang menampakkan semburat jingga dan matahari terbenam. Selain itu, di daerah ini kita akan menjumpai pemandangan langka berupa atraksi ikan paus yang menyemburkan air dari lubang di punggungnya. Di sini, ikan paus tersebut terlihat sangat “akrab” kepada para nelayan setempat, karena para nelayan tidak pernah memburu mereka.

 

3. Pulau Mansiam

Pulau ini ada di Teluk Doreh. Begitu memasuki Pulau Mansiam, Anda akan disambut dengan tugu peringatan berupa prasasti salib. Pulau ini juga menyimpan kenangan sejarah awal peradaban di Tanah Papua. Situs Gereja, Rumah, Asrama, Sumur Tua, dan beberapa Makam Zendeling adalah bukti sejarah yang dapat ditemui. Jika kita suka menyelam, kita akan melihat beberapa bangkai kapal yang ada di dasar perairan Teluk Doreh.

 

4. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional ini merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, terdiri dari daratan, pesisir pantai, pulau pulau, terumbu karang, dan perairan lautan. Di tempat ini kita bisa menyaksikan aneka jenis burung, wisata bahari, wisata budaya, dan beberapa peningalan sejarah.