Beberapa makanan ini berawal dari sebuah ‘kecelakaan’. Seandainya ‘kecelakaan’ itu tidak terjadi, mungkin beberapa –bahkan banyak– makanan dan minuman sedap tidak bisa kita nikmati hingga sekarang. Bisa dibilang memang tidak sengaja. Haha~ resep istimewa apa saja?

1. Keju Perut Biri Biri

Keju, hmm… Yeah, makanan ini asalnya dari susu yang diolah. Asal tahu saja yah, keju awalnya, dibuat tanpa sengaja dalam perut biri-biri. Jangan kaget… Sekitar tahun 3000 SM, ada orang-orang Arab yang mengembara melintasi gurun. Mereka membawa susu dalam kantung minuman yang terbuat dari kulit perut biri-biri. Kantung minuman itu mereka gantungkan di punggung unta tunggangan mereka. Saat mereka merasa haus, mereka ingin meminum susu yang mereka bawa. Dan, –mereka juga kaget, kok– ternyata mereka malah menemukan susu yang sudah menggumpal, yang kita sebut keju. Penyebabnya adalah susu dalam kantung terguncang-guncang, ditambah lagi terkena panas matahari, sehingga mengalami proses kimia menjadi keju.

2. Teh

Tahun 2327 SM, Kaisar Shen Nung dari Cina sedang beristirahat di bawah sebuah pohon. Kemudian dia merasa haus dan menyuruh pelayannya merebus air untuk diminum. Saat sang pelayan memasak air dengan panci terbuka di bawah pohon, tanpa sengaja sehelai daun jatuh dan masuk ke dalam panci tanpa tutup tadi. Sebelum daun itu sempat disingkirkan, air keburu mendidih duluan. Kaisar Shen Nung meminum air “kejatuhan daun” itu. Ternyata setelah minuman itu dicoba, rasanya justru enak dan segar. Dan daun itu adalah daun dari pohon Camellia sinesis, yang sekarang kita kenal dengan sebutan teh. Intinya Daun jatuh, jadi teh, haha. Mirip kejadian Isaac newton tentang gravitasi.

 

3. Potato Chip/keripik kentang

Banyak orang mengatakan George Crum adalah penemu keripik kentang pertama, George Crum adalah seorang koki keturunan Afrika Amerika, yang bekerja di restoran Moon’s Lake House di dekat Saratoga Springs, New York, Moon’s Lake House sangat terkenal dengan kentang gorengnya. Pada 24 Agustus, 1853.

Seorang pelanggan mengeluhkan kentang gorengnya yang terlalu tebal, Crum akhirnya membuat kentang goreng yang lebih tipis, namun sang pelanggan tetap merasa tidak puas, sehingga Crum akhirnya membuat kentang goreng setipis mungkin sehingga tidak bisa ditusuk dengan garpu. Beruntung sang pelanggan sangat puas dengan “kentang goreng” tipis ini dan akhirnya menjadi terkenal dan merupakan salah satu makanan dalam menu, dengan nama “Keripik Saratoga”. Makanan ini menjadi terkenal di New York dan New England.

 

4. Ice Cream Cone

Tahukah Anda bahwa es krim cone itu tercipta karena ketidaksengajaan? Alkisah, pada sekitar tahun 1904, ada sebuah pameran internasional yaitu St. Louis World’s Fair. Di pameran itu, penjual dan pembeli berjubel untuk saling bertransaksi. Menurut fakta yang disebutkan dari sejumlah sumber, ada dua orang pedagang makanan dan minuman ringan yang saling berdampingan konternya pada pameran tersebut. Yang satu berjualan wafer waffle dan satunya lagi berjualan es krim.

Pada suatu hari yang sangat panas, penjual es krim kewalahan melayani pembelinya. Ia tak mengira pembelinya hari itu sangat banyak. Akhirnya, stok tempat membawa es krim milik si penjual es krim habis. Padahal, saat itu pembeli yang mengantri masih berjubel. Karena pada saat itu wadah es krim berupa plastik atau gelas kaca.

Ia pun sempat kebingungan dan nyaris menutup konternya. Sebab, ia tak tahu bagaimana bisa menjual es krim tanpa tempatnya. Namun, ia sempat mengadu pada si penjual wafer waffle tentang masalah ini. Ternyata, tanpa pikir panjang, si penjual waffle pun menawarkan wafflenya untuk dijadikan tempat sementara untuk menaruh es krim tersebut.

Maka, ia pun kemudian menggulung wafflenya dan memberikan sebagian pada si penjual es krim. Gulungan waffle itu kemudian diisi pucuknya dengan es krim. Ternyata, waffle yang diisi es krim ini sangat disukai oleh pembeli. Dan akhirnya kedua orang penjual yang berdampingan ini mendapat keuntungan yang sangat berlipat. Maka, sejak saat itu, es krim cone pun dikenal dan menyebar ke seluruh dunia hingga sangat populer sampai sekarang.

 

5. Es Loli & Pengaduk Soda

Malam hari di tahun 1904 –entah itu hari apa, tanggal berapa, bulan apa– Frank Epperson yang berumur 11 tahun sedang asyik mengaduk bubuk soda dan air untuk membuat soda pop. Belum beres mengaduknya, Frank sudah harus meninggalkan adonannya begitu saja untuk mengerjakan sesuatu yang lain. Malam itu sangat dingin, sehingga membekukan adonan soda pop buatan Frank. Esok paginya, Frank ke dapur dan menemukan soda popnya dalam keadaan membeku dengan tongkat pengaduk masih tertancap di situ. Dan akhirnya, Frank mencoba es “kebetulan” itu. Ternyata enak, dan sekarang kita menyebutnya es loli.

 

6. Choco Chips

Cokelat Chips pada mulanya ditemukan oleh Ruth Wakefield pada tahun 1937. Ruth Wakefield tinggal di sebuah penginapan bernama Toll House di Whitman, Massachusetts. ceritanya, Pada suatu pagi Ruth Wakefield tak sempat mencairkan coklat untuk melapisi roti untuk sarapan anak-anaknya (sudah menjadi tradisi di amerika bahwa sarapan khas anak-anak amerika pada masa itu adalah roti yang dilumuri dengan coklat cair). Ruth pun berinisiatif dengan memotong coklat batangan itu menjadi kecil-kecil dan menaburkanya di atas kue lalu dipanaskan dengan harapan agar kue itu bisa meleleh sendiri karena panas, namun dugaan Ruth ternyata salah, ke ternyata tidak meleleh dan malah melekat pada roti.

produk gagal ini membuat Ruth sedikit agak kecewa, namun rasa kecewa Ruth hilang setelah anak-anaknya tenyata justru menyukai kue produk gagal itu. Ruth kemudian mencoba menghidangkan kue produk gagal (yang kemudian dikenal dengan nama Choco chips walaupun sebenarnya Ruth si penemu memberi nama kue ini Chocolate Crunch (Cookie) itu pada para pengunjung penginapan, dan ternyata para pengunjung penginapan juga menyukainya. jadilah kue chocochips menjadi suguhan khas penginapan Whitman. Lama-kelamaan, kue Chocochips menjadi makin dikenal dan menjadi salah satu kue andalah khas Massachusetts. resep kue milik Ruth ini kemudian dibeli oleh perusahaan makanan ternama dunia, nestle dan diproduksi dalam jumlah massal serta didistribusikan ke seluruh dunia. kini jadilah Choco chips dikenal sebagai salah satu kue paling terkenal di dunia.
7. Sandwich
Tahukah Anda roti tawar-berlapis sayuran dan daging atau telur yang popular disebut sandwich? Mungkin sebagian pasti pernah merasakannya. Sebab, selain mudah dibuat, roti lapis ini juga sanagat nikmat dimakan sebagai penggati sarapan bagi yang buru-buru berangkat kerja. Tapi, tahukah Anda jika makanan ini asal mulanya dari seorang yang hobinya bermain judi?
pada sekitar tahun 1700-an, seorang bernama Earl of Sandwich sedang sibuk bermain judi. Saking asyiknya, ia tak mau beranjak dari kursinya. Namun, karena telah bermain seharian, ia pun merasa kelaparan. Karena tak mau meninggalkan area perjudian, akhirnya ia memesan makanan yang special (berisi lauk yang biasa dimakan pakek nasi). Agar gampang memakan sambil tetap main kartu, makanan itu disatukan dalam buah roti. Dan jadilah roti lapis isi yang dinamakan sandwich.