Kalau kita mendengar kata Moscow atau Kremlin, pasti kita tau tentang Katedral St. Basil. Ya, Katedral ini adalah sebuah gereja yang mempunyai banyak atap yang berbentuk kerucut di Red Square yang secara tradisional dipandang sebagai simbol posisi unik Rusia antara Eropa dan Asia.

Pembangunan katedral ini diprakarsai oleh Ivan si “Kejam” dan dibangun antara tahun 1555 dan 1561 di Moscow, Rusia untuk memperingati direbutnya Kekhanaan Kazan. Pada tahun 1588, Tsar Vedor Ivanovich menambahkan kapel di sisi timur di atas kuburan Vassily Blazhenny (Basil), seorang Santo yang dijadikan sebagai nama katedral ini.

 

Konsep awal katedral ini adalah sebuah kumpulan kapel, masing-masing dipersembahkan kepada setiap santo yang hari pestanya jatuh pada saat Tsar menang dalam suatu pertempuran. Namun pembangunan sebuah menara tunggal mempersatukan ruang-ruang ini menjadi satu katedral. Menurut legenda, Ivan memerintahkan agar sang arsitek, Postnik Yakovlev, dijadikan buta agar ia tidak membangun bangunan yang lebih indah untuk orang lain.

Sekarang mari kita lihat apa saja yang ada di dalam bangunan megah ini.🙂

Ini bagian tengah dari bangunan ini, sungguh tinggi dan memiliki interior yang luar biasa indah…

Kalau yang ini adalah salah satu dari 9 kapel yang ada di katedral ini

di bagian dalam ada ruangan utama, kita lihat

di sepanjang koridor katedral ini banyak terdapat ornamen di dindingnya

Ya sekian dulu jalan jalan kita, sampai jumpa !😀