“Sejauh mana kamu paham peran Bea & Cukai terkait pembangunan Nasional dan perlindungan masyarakat?”


Pada belom tau Bea cukai itu apa kan?

Bea cukai itu adalah instantsi pemerintah yang berwenang dan bertugas melayani masyarakat di bidang kepabeanan (mengawasi, memungut, dan mengurusi bea masuk dan keluar (import, ekspor) melalui darat, laut, udara) dan cukai (pungutan yang bersifat karateristik dan kegunaan yang perlu di awasi sehingga tidak berdampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat).


Nama resmi dari bea cukai sebenarnya adalah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, yang disingkat DJBC. Orang-orang dulu sering menyebut bea cukai dengan sebutan BC, tetapi sekarang gara gara kernet bus yang biasa lewat kantor bea cukai sering menyebut dengan cukai-cukai.. nah jadilah sebutan cukai (haha)

Nah, tugas dan fungsi DJBC ini adalah berkaitan erat dengan pengelolaan keuangan negara antara lain memungut Bea Masuk berikut pajak-pajak atas barang impornya ( seperti PPN Impor, PPh Pasal 22, PPnBM) dan Cukai.

Kita tahu kalau pemasukan terbesar kepada Kas Negara adalah dari sektor pajak dan termasuk didalamnya adalah bea masuk dan cukai yang dikelola olah DJBC. Selain itu, tugas dan fungsi DJBC adalah mengawasi semua kegiatan ekspor dan impor, mengawasi peredaran minuman mengandung Alkohol/ Etil Alkohol dan peredaran rokok atau hasil tembakau lainnya.

Seiring perkembangan waktu dan zaman, lama kelamaan bea cukai bertambah fungsi dan tugasnya yaitu sebagai trade fasilitator, atau dengan kata lain biar para pengusaha dan pedagang tidak berat pembayaran pajaknya, maka jalan tengahnya diberi penundaan dan pembebasan pajak tapi dengan beberapa syarat-syarat tertentu.

Dapat kita simpulkan peran Bea & Cukai terkait pembangunan nasional itu adalah:

  1. Tadi disebutkan kalau pemasukan Kas Negara salah satunya lewat bea masuk dan cukai. Dengan biaya itu, dipakai untuk membangun beberapa fasilitas atau memajukan bangsa dalam bidang pembangunan nasional.
  2. Dengan adanya Bea & Cukai, pembangunan industri industri dalam negeri bisa berkembang dengan baik. Karena dari fungsi bea masuk yang melindungi industri negri dari produk luar negeri.

Sekarang kesimpulan dari peran Bea & Cukai dengan hubungannya dengan perlindungan masyarakat kita:

  1. Tugas Bea & Cukai adalah mengawasi masuknya barang exspor luar negeri. Hal ini bisa dibilang melindungi masyarakat dari barang barang palsu atau replica. Karena sebelum masuk ke Indonesia, barang barang itu akan diperiksa oleh anggota yang bertugas.
  2. Melindungi industri dalam negeri dan industri kecil yang ada di dalam negeri. Karena salah satu filosofi pemungutan bea masuk adalah melindungi industri dalam negeri dari produk luar dan menjamin ketersediaan bahan baku bagi industri dalam negeri.
  3. Melindungi masyarakat dari barang barang yang yang berdampak negatif secara sosial (pornografi) dan juga kesehatan (rokok, minuman keras dll) dengan cara membatasi barang barang tersebut untuk beredar.
  4. Melindungi kita dari hidup boros😀, karena bea cukai bertujuan membatasi konsumsi barang mewah.

Selain dari kegunaan diatas, masih ada “kehebatan” lain nya yaitu:

  1. melindungi industri dalam negeri dari limpahan produk luar negeri yang diimpor.
  2. untuk melindungi sumber daya alam Indonesia dan menjamin ketersediaan bahan baku bagi industri dalam negeri
  3. pemerintah memungut pajak ekspor dan pungutan ekspor produk mentah (seperti beberapa jenis kayu, rotan, dll.) dengan maksud agar para eksportir sedianya dapat mengekspor produk jadi dan bukanlah bahan mentah atau setengah jadi.
  4. Karena bertugas sebagai pemungut pajak di bidang ekspor impor. Jadi menambah kas Negara.
  5. berguna sebagai pengendalian tehadap inflasi
  6. bisa digunakan sebagai gaji aparat kepemerintahan dan sebagai dana kesejahteraan bagi masyarakat
  7. menghalangi penggunaan obyek cukai untuk digunakan secara bebas.
  8. perlindungan lingkungan dan sumber-sumber alam (minuman kemasan, limbah, dll.) serta mengurangi atau membatasi konsumsi barang barang mewah dan sebagainya.

Banyak buanget kan kegunaannya, jadi selama ini Bea & Cukai telah membantu kita selama ini… Thanks ya🙂