Kalau ke Depok, pasti sering mendengar tentang belimbing dewa. Buah ini dah gak asing lagi bagi warga Depok. karena buah ini sudah lama dijadikan icon kota Depok, hal itu dilakukan karena di Depok banyak prkebunan buah belimbing. Nah yang paling mencolok adalah belimbing dewa yang ukurannya cukup besar.

Jadi jangan kaget kalau buah ini banyak ditemukan di depok (kan buah kebanggaan, :) ). oh ya, buah belimbing ini punya banyak khasiatnya loh, yaitu:

1. sumber vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan yang tangguh dalam memerangi radikal bebas, energi kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, serat, dan air.

2. buah ini juga punya serat yang baik, jadi bisa memperlancar proses pencernaan

3. bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, yang berguna mencegah timbulnya penyakit hepatitis

4. membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari panas dalam

Banyak kan kegunaanya?? jadi tak ada salahnya untuk dikonsumsi. Oh ya selain itu buah blimbing ini bisa di jus atau dijadikan dodol, sirup, dan bahkan ada keripik nya loh!

Selain untuk dikonsumsi, belimbing dewa ada yang dijadikan karya seni contoh nya liontin dari belimbing, cincin dan kreasi lain dari blimbing ini, saya punya satu dulu yang saya beli di depok, tapi sudah hilang entah kemana :(.

Pokoknya keberadaan Belimbing Dewa sebagai ikon Kota Depok telah banyak mendapatkan penghargaan. apalagi di depok ada banyak semacam sentra produk belimbing di sekitar jalan Margonda raya. Mudah mudahan budidaya belimbing dewa ini semakin lancar ya! :)